Artificial Climbing di Tebing Bedoyo

Tebing Bedoyo  secara geografis terletak di Dukuh Ngalasombo, Desa Bedoyo, Kecamatan Ponjong, Kab. Gunung Kidul. Akses menuju tebing Bedoyo sangat mudah, teman-teman bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju basecamp tebing Bedoyo. Tebing dengan batuan karst ini memiliki banyak jalur. Pada artikel ini akan membahas jalur artificial favorit Geodipa dalam melakukan kegiatan panjat tebing. 


Untuk jalur ini, terdapat banyak batu tembus yang bisa dimasukkan sling, prusik, maupun anchor, tetapi untuk memasang anchor pada jalur ini diperlukan batu tembus yang cukup lebar diameter lubang nya agar memudahkan proses pemasangan anchor. Jalur ini juga memiliki banyak sekali pijakan untuk tangan maupun kaki.



Meskipun jalur ini memiliki banyak pijakan, tetap saja akan membuat dengkul dan tangan anda lemas. Apalagi ketika akan memasukkan sling ke dalam batu tembus, salah satu tangan kita harus menahan tubuh, apalagi jika memasukkan sling nya memakan waktu yang tidak sebentar, Kami sarankan teman-teman menggunakan skyhook jika akan memanjat tebing ini. Jarak antar batu tembus kira-kira 2-5meter, kurang lebih ada sekitar 8 batu tembus yang berhasil kami explore di jalur ini dan tidak menutup kemungkinan terdapat batu tembus lain, namun dalam memilih batu tembus haruslah berhati-hati. Pastikan batu tembus tersebut kuat karena sesuai pengalaman kami memasang sling pada batu tembus yang tipis, batu tembusnya pecah dan cukup membahayakan.  Pada jalur ini terdapat beberapa spot yang kami rasa lumayan licin, mungkin karena tumbuhnya lumut disekitaran tebing. Salah satu kawan kami pernah terpeleset hingga terjatuh dengan posisi kepala dibawah.




Untuk proses cleaning, sangat kami sarankan untuk menggunakan metode Free Rope karena jika cleaning dengan cara climb down, akan sangat sulit. Kami sudah pernah melakukan cleaning climb down dan free rope pada jalur ini sehingga kami bisa menyimpulkan jika cleaning dengan cara climb down kurang direkomendasikan.

Sekian artikel sederhana yang telah kami buat ini, semoga bisa bermanfaat bagi para readers. Salam dari kami Geodipa Kasuari Senja.
.
.
.
Jangan lupa tersenyum :)
Sm;)le



Komentar